Pengenalan E-Commerce (Pengertian,Jenis, Serta Keuntungannya)
Pengenalan E-Commerce (Pengertian,Jenis, Serta Keuntungannya)
Berikut ini definisi atau pengertian e-commerce dan manfaatnya. Electronic Commerce
atau disingkat E-Commerce, istilah ini biasanya selalu dihubungkan
dengan jual-beli online atau transaksi yang melibatkan penjualan dan
pembelian produk maupun jasa melalui internet. Saat ini E-Commerce
sedang populer tapi mungkin masih ada beberapa orang yang belum
sepenuhnya mengerti, baiklah bagi yang belum mengerti kamu dapat membaca
penjelasannya di bawah ini.
A. Penjelasan E-Commerce
Yang dimaksud dengan e-commerce adalah
suatu proses penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang dilakukan
secara elektronik yaitu melalui jaringan komputer atau internet. Arti
lain dari e-commerce yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan,
mengubah dan mendefenisikan kembali hubungan yang baru antara penjual
dan pembeli.
B. Bentuk atau Model E-Comerce
Saat ini model dari e-commerce dibagi menjadi 5 (lima) macam, yang diantaranya sebagai berikut:
a. B to B e-commerce
B to B (Busines to Business)
e-commerce, merupakan perdagangan secara elektronik antara organisasi
atau perusahaan. Para ahli memprediksi bahwa B to B e-commerce ini akan
semakin berkembang dengan cepat.
b. B to C e-commerce
B to C (Business to Consumer)
e-commerce, merupakan perdagangan antara organisasi atau perusahaan dan
konsumen. B to C adalah salah satu dari bentuk e-commerce yang biasanya
penjualan produk akan dilakukan secara eceran dari perusahaan kepada
para konsumen. Kebanyakan konsumen akan membeli barang yang berbentuk
fisik seperti telepon genggam, pakaian, buku dll. atau barang digital
seperti softwere, e-book dll.
c. B to G e-commerce
B to G (Business to Government)
e-commerce, merupakan perdagangan antara perusahaan dengan pemerintah,
misalnya seperti pengadaan koneksi internet, prosedeur perjanjian maupun
kegiatan lainnya yang melibatkan bisnis antara perusahaan dan
pemerintah.
d. C to C e-commerce
C to C (Consumer to Consumer)
e-commerce, merupakan perdagangan antara individu dengan konsumen. C to C
dapat dikatakan transaksi dimana konsumen menjual produk secara
langsung kepada konsumen lain dengan menggunakan media elektronik atau
online.
e. M – Commerce
M-Commerce (Mobile Commerce), merupakan perdagangan melalui perangkat elektronik tanpa kabel atau nirkabel misalnya melalui perangkat genggam seperti PDA.
C. Apakah perbedaan E-Comerce dengan E-Business?
Tentunya Perdagangan Elektronik (e-commerce)
dan e-business mempunyai arti maupun konsep yang berbeda. Pada
e-commerce teknologi informasi dan komunikasi digunakan hanya secara
internal oleh organisasi atau perusahaan. Sedangkan pada e-business
teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk meningkatkan bisnis
perusahaan yang mencangkup semua aspek bisnis baik itu yang profit
maupun nonprofit.
D. Hambatan UKM untuk menjalankan E-Commerce
Beberapa hal yang dapat menjadi penghambat dalam pelaksanaan e-commerce pada sektor UKM, diantaranya seperti:
a. Kurangnya kesadaran akan pentingnya nilai e-commerce
Umumnya di negara yang masih tertinggal
dan sedang berkembang UKM tidak menggunakan e-commerce dalam menjalankan
bisnisnya, sebab mereka masih belum melihat seberapa besar manfaat yang
didapatkan dari e-commerce.
b. Kurangnya pengetahuan dan kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi
Di negara yang masih tertinggal dan
masih berkembang orang-orang yang memahami teknologi informasi dan
komunikasi masih sangat terbatas, oleh karena itu pembisnis yang
menjalankan UKM masih jarang menggunakan e-commerce dalam memasarkan
produknya.
c. Masalah pada sektor finansial
Bagi UKM di negara yang masih tertinggal
dan berkembang terasa berat jika menerapkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam menjalankan bisnisnya.
d. Infrastruktur yang masih belum memadai
Tentunya dibutuhkan infrastruktur yang
memadai untuk menjalankan e-commerce, disinilah peran pemerintah untuk
membangun infrastruktur yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh UKM untuk
berbisnis menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
e. Security atau keamanan.
Masalah keamanan menjadi salah satu yang
menjadi penyebab e-commerce masih jarang di terapkan. Karena
orang-orang masih merasa takut untuk melakukan transaksi secara online,
selain itu kurangnya pemahamanpun dapat menjadi rasa takut orang
melakukan transaksi. Padahal saat ini keamanan transaksi secara online
sudah semakin meningkat contohnya dengan menggunakan rekening bersama
jadi semakin lebih aman.
E. Beberapa contoh bentuk e-commerce
- Perdagangan online melalui Website.
- Transaksi bisnis secara online antara perusahaan.
- TV Interaktif, Internet via TV.
- Internet banking, dan lain-lain.
F. Manfaat E-Commerce bagi perusahaan
Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dari e-commerce, diantaranya:
a. Buka sepanjang waktu
Seperti situs atau web e-commerce yang
dapat beroperasi setiap waktu selama 24 jam sehari dan tentunya
setiap hari. Dapat disimpulkan hal seperti ini dapat meningkatkan jumlah
konsumen dan pesanan yang diterima akan semakin bertambah.
b. Melewati batasan geografis atau jangkauan global
Toko fisik tentunya akan dibatasi oleh
wilayah geografis. Dengan menggunakan e-commerce maka seluruh penjuru
dunia dapat dikatakan wilayah untuk menjalankan bisnis. Karena dengan
e-commerce perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan jangkauan yang
lebih luas.
c. Dapat memperoleh konsumen melalui pencarian di internet
Situs atau web e-commerce perusahaan
bisa saja ditemukan oleh konsumen jika mereka mencarinya di internet dan
tentunya hal ini akan menjadi salah satu keuntungan yang bisa
didapatkan oleh perusahaan dalam berbisnis karena pelanggan baru akan
berdatangan.
d. Biaya promosi yang relatif rendah
Manfaat lain yang bisa didapatkan dari
e-commerce yaitu biaya promosi yang relatif rendah. Tentunya hal seperti
ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan dalam
mempromosikan produknya kepada para konsumen.
e. Mencari produk menjadi lebih cepat dan akurat
Misalnya pada situs atau web e-commerce
perusahaan konsumen dapat mencari produk dengan cara menklik katalog
atau tombol menu yang telah disediakan di websitenya atau bisa juga
menggunakan kotak pencarian, sehingga konsumen dapat menemukan produk
yang diinginkannya.
f. Dapat memberikan informasi yang akurat dan up-to-date
Tentunya informasi akan semakin lengkap
dan lebih mudah disampaikan kepada para konsumen. Biasanya informasi
tersebut berisi spesifikasi mengenai produk-produk yang dijual oleh
perusahaan. Informasipun dapat di update kapan saja jika ada
pemberitahuan atau penjelasan yang baru mengenai produk yang dijual
kepada konsumen.
G. Manfaat E-Commerce bagi konsumen atau pelanggan
Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen dari e-commerce, diantaranya:
a. Dimana saja dan kapan saja
Konsumen dapat bertransaksi kapan saja
dan tentunya dapat membeli produk yang di inginkannya kapan saja, selama
ada koneksi internet.
b. Lebih banyak pilihan produk dan jasa
Produk yang ditampilkan dalam website
e-commerce tentunya akan banyak pilihan, sebab untuk menupdate informasi
mengenai produk dapat dilakukan dengan mudah.
c. Harga yang relatif lebih murah
Dapat dilihat dan coba bandingkan
biasanya harga dari produk yang ditawarkan di website e-commerce relatif
lebih murah di bandingkan dengan produk yang ditawarkan di toko-toko
fisik.
d. Ketersediaan informasi
Tersedianya informasi yang akurat mengenai informasi atau spesifikasi produk yang di inginkan.
g. Memberikan perbandingan harga saat berbelanja
Semakin banyaknya e-commerce sehingga
dapat memungkinkan konsumen untuk mencari produk yang dicarinya dari
beberapa website perusahaan dan nantinya konsumen akan menentukan harga
terbaik.
e. Kesempatan berpartisipasi
Konsumen dapat memberikan testimoni atau
komentar mengenai pelayanan dan produk yang sudah dibelinya. Dan masih
banyak lagi manfaat lainnya.
H. Metode pembayaran dalam E-Commerce
Adapun beberapa metode pembayaran yang ada dalam e-commerce saat ini, diantaranya:
a. Metode Tradisional
- COD (Cash on Delivery), Merupakan metode pembayaran yang dilakukan secara tunai pada saat produk sudah diterima.
- Bank Payments, merupakan metode pembayaran yang dilakukan dengan cara mentransfer uang ke nomer rekening perusahaan yang menjual produk. Produk yang dibeli konsumen akan dikirim melalui jasa pengiriman barang, setelah konsumen melakukan pembayaran.
b. Metode Elektronik
- Innovations affecting consumers, merupakan pembayaran dengan kartu kredit atau debit, e-banking dan ATM.
- Innovations enabling online commerce, Metode pembayaran ini masih kurang populer di negara-negara yang sedang berkembang, metode ini misalnya menggunakan e-checks, smart card, e-cash dan kartu kredit yang terenkripsi
- Innovations affecting companies, metode ini berkaitan dengan mekanisme bank sudah sediakan oleh bank untuk klien mereka, misalnya seperti transfer antar bank melalui kliring yang memperbolehkan untuk melakukan pembayaran melalui deposit secara langsung.
I. Apa saja peranan E-Commerce bagi enterpreuneurship?
Adapun beberapa peranan e-commerce bagi enterpreuneurship pada suatu negara, diantaranya:
- Dapat memberikan fasilitas akses bagi para pengraji maupun UKM untuk menjual produknya ke pasar dunia.
- Dapat memberikan jalan atau akses bagi perusahaan di negara yang masih tertinggal untuk masuk ke perdagangan internasional.
- Dapat memberikan fasilitas untuk melakukan promosi bagi negara yang sedang berkembang, misalnya melakukan promosi tempat wisata melalui internet.
- Dapat membantu memberikan layanan untuk perusahaan atau pembisnis di negara-negara berkembang supaya dapat beroprasi secara efesien.
Itulah tulisan yang membahas tentang
pengertian e-commerce, jika terdapat kesalahan mohon dimaafkan.
Terimakasih sudah membacanya dan semoga dapat bermanfaat.
No comments