Breaking News

Mengenal Dummy

Mengenal Dummy

Hasil gambar untuk DUMMY DALAM MAJALAH




  • Pendahuluan
Halo teman-teman pembaca semua! Berjumpa lagi di blog sederhana saya ini, kali ini saya akan memposting tentang dummy. Apa sih itu dummy? Tentunya dummy yang akan saya bahas disini bukanlah dummy yang diartikan secara langsung dari bahasa inggris ke indonesia loh. Melainkan istilah dummy dalam dunia desain grafis, percetakan bahkan dalam kehidupan. Nah, langsung saja ke pembahasan ya.

  • Pengertian
Dummy adalah konsep atau kerangka. Dummy berbeda dengan layout atau tata letak. Jika dummy adalah kerangkanya, maka tata letak atau layoutnya lah yang mengisi nya.

  • Maksud dan tujuan
Agar tidak terjadi kesalahpahaman tentang pengertian dummy dalam dunia desain grafis. Agar bisa terbiasa menggunakan dummy sebelum membuat suatu karya atau melakukan suatu hal.

  • Pemnbahasan
Secara istilah ringkas yang saya ambil dari penjelasan mbah suro, dummy adalah konsep atau kerangka. Nah, pertanyaannya, kerangka apa?
Contoh mudahnya begini, coba kita jejerkan 3 majalah dari penerbit yang sama dan edisi yang sama. Cobalah bandingkan cover dan isinya, tentunya sama saja peletakan kontennya kan? Nah, itulah yang disebut dummy. Apakah teman-teman semua sudah paham dan dapat mengambil kesimpulan? 
Jika belum, akan saya contohkan lagi. Dummy dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya seperti ini. Ketika kita akan membuat sebuah target dalam beberapa bulan kedepan, maka kita harus membuat kerangkanya terlebih dahulu atau dummynya dulu. misalnya, pada bulan pertama kita mau menguasai fotografi, pada bulan kedua videografi, bulan ketiga penyiaran radio, bulan ke empat animasi 2 dimensi dan bulan ke lima animasi 3 dimensi. Itu adalah contoh kerangka target kita. Sementara kita harus membuat lagi lebih rinci atau mengisi kerangka-kerangka tersebut, seperti pada minggu pertama bulan pertama kita akan melakukan planning apa dan harus menguasai apa. Begiu seterusnya. Apakah teman-teman sudah lebih faham atau semakin pusing nih? Hehehe, semoga saja teman-teman bisa paham dengan 2 ilustrasi yang sudah saya buat diatas ya.

  • Kesimpulan
Menurut saya, dummy ini sangatlah penting kita terapkan. Mengapa? Perlunya kerangka dalam perilaku berfikir dan target bisa membuat kita lebih terarah dan fokus akan tujuan yang akan kita capai nantinya dan akan membuat kita terus termotivasi untuk melakukan yang terbaik dan menjadi orang yang konsisten akan target hidupnya. 

  • Penutup
Sekian dulu dari postingan saya kali ini teman-teman pembaca semua yang bijaksana dan baik hati, semoga sehat selalu dan kita bisa dipertemukan dalam blog selanjutnya ya. Jika ada terdapat salah kata, kurangnya ilmu, dan kata yang menyinggung atau kurang enak dibaca, silahkan tulis di komentar dibawah. saya akan sangat menerima komentar dari pembaca sekalian yang sekiranya dapat membangun diri saya lebih baik lagi dan bisa berinstropeksi diri. Sekian dan terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#SALAM NGAPAK


No comments