Breaking News

Mengenal Macam-macam Software grafis 3D

MENGENAL MACAM2 SOFTWARE GRAFIS 3D

Hasil gambar untuk logo blender



  • Pendahuluan
Hallo sahabat blogger kembali lagi bersama saya , kali ini saya akan memberikan materi tentang Software Grafis 3d, apa saja sih Software2 3d tersebut??
  • Latar Belakang
Karena Sofware 3d ini sangat berguna sekali untuk pembuatan animasi ataupun design dengan grafis 3d jadi saya akan mempublikasikannya kepada teman-teman.
  • Manfaat Dan Tujuan
Agar Para Designer Grafis bisa memilih aplikasi 3d sesuai dengan yg diinginkannya dengan mudah
  • Pembahasan






Di era sekarang, sesuatu yang berkaitan dengan teknologi serta kecanggihan menjadi sebuah trend. Salah satunya ialah dalam pembuatan video animasi. Tak sedikit, banyak film yang memasukan animasi 3D dalam karyanya. Oleh karena itu, perkembangan dalam pembuatan animasi 3D cukup pesat.
Berikut 5 software yang bisa digunakan untuk membuat animasi 3D

Autodesk Maya

Hasil gambar untuk logo maya

Autodesk Maya merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat animasi 3D. Software ini dapat di gunakan untuk windows, IOS, dan Linux. Autodesk maya dapat digunakan untuk membuat aplikasi 3D interaktif, termasuk pada film animasi, serial TV ataupun efek visual.
Dalam proses pembuatan animasi 3D, software autodesk maya terbilang lebih mudah dibandingakan perangkat 3D lainnya. Autodesk memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3D kustom dengan pengguna untuk secara bebas dan mudah memanipulasi masing – maisng titik individu yang mmeungkinankan rasa kontrol dan flesibilitas.
Aoutodesk maya memiliki kekuatan besar dalam penyediakan pengatutan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu membuat objek terlihat lebih realistis.
Software autodesk maya digunakan dalam pembuatan serial animasi ipin upin. Untuk film hollywood, Finding Nemo dan Lord Of The Ring menggunakan Maya dalam pembuatan video animasi guna untuk memanipulasi.

Cinema 4D

Cinema 4D merupakan perangkat lunak vektok grafis modeling 3D yang dikembangkan oleh perusahaan asal jerman, yakni Maxon.
Cinema 4D salah satu software maker yang cukup populer dalam pembuatan animasi 3D ataupun pembuatan video animasi. Film yang menggunakan cinema untuk pembuatan animasi 3D, yaitu Final Destination 5.
Kelebihan pada cinema 4D ialah antarmuka dengan tata letak pre-set dan disesuaikan, animasi, layout lukisan, serta hasil render yang bagus.
Hasil render merupakan hal penting dalam pembuatan video animasi. Agar videonya dapat dinikmati dengan baik tanpa ada kekurangan pada visual dan audionya.

Blender

Hasil gambar untuk logo blender

Blender adalah merupakan aplikasi open source yang populer. Walaupun open source, aplikasi Blender memiliki kualitas yang cukup baik dalam pembuatan grafik 3D.
Blender sendiri memiliki fungsi untuk membuat konten video 2D dan 3D dalam jumlah yang banyak. Misalnya untuk modeling, texturing, animation, lighting, dan video-post processing. Sehingga buat kalian yang ingin membuat animasi dengan gratis tapi bagus, bisa kalian gunakan Blender karena aplikasi ini cukup baik dalam pembuatan animasi 3D.

Autodesk 3DS Max

Hasil gambar untuk logo 3ds max

Autodesk 3DS Max merupaka software animasi yang cukup bak dalam pembuatan animasi 3D. Audesk 3DS terkenal dengan fitur modellingnya. Ada 5 jenis metode modeling, yakni Primitif Modelling, NURMS, Surface Tool, NURBS, dan Ploygon Modelling. 3DS max memiliki interface yang elegan dan responsive, serta memiliki 4 sudut pandang, yang dimana untuk mempermudah pembuatan Animasi 3D.

Lightwave

Hasil gambar untuk logo lightwave

Lightwave merupakan perangkat lunak diciptakan oleh perusahaan Amerika Utara, yaitu Commodore Amiga. Software yang satu ini dapat digunakan dalam pembuatan film, televisi, grafik animasi, lukisan matte digital, efek visual, pemngembangan game, desain produk, visualisasi arsitektur, produksi virtual, video musik, pra-visualisasi dan iklan. Software ini mendukung IOS, Windows, dan Linux.

  • Kesimpulan
 Jadi kesimpulannya untuk blog kali ini yaitu, banyak aplikasi2 3d yang hebat dan lengkap, jadi terserah kalian mau pilih yang mana, mau yg prabayar atau pilih yang Open Source.
  • Penutup 
Sekian dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar besarnya.

    No comments