Breaking News

TUTORIAL INSTALL DEBIAN SERVER 8 | JESSY

TUTORIAL INSTALL DEBIAN SERVER 8 | JESSY



Assalamu'alaikum Wr. Wb.


  • PENDAHULUAN 
        Selamat datang di blog saya, apa kabar kawan semoga kalian baik - baik saja yahh, dan dapat membaca artikel saya dengan fokus dan dapat memahami apa yang saya sampaikan.
  • LATAR BELAKANG
        Saya ingin berbagi ilmu tentang instalasi debian server.
  • TUJUAN
         Agar teman - teman semua dapat megerti tentang instalasi debian server
  • PEMBAHASAN
        Pertama - tama kalian harus siapkan ISO nya terlebih dahulu.
disini saya menggunakan debian versi 9.4 wheezy.

Selanjutnya mulai proses instalasi

1. Pilih install atau graphical install sebenarnya sih sama saja terserah kalian mau pilih yang mana.


2. Pilih bahasa inggris


3. kemudian pilih other => Asia => Indonesia, kenapa indonesia karena posisi kita di indonesia.



4. Enter


Tunggu beberapa ssat.

5. Disikalian bisa memilih autoconfiguration atau manual, kalau manual kalian nanti bisa membuat ip sendiri (STATIC IP).

6. Masukkan ip nya.

7. Jangan lupa masukkan netmasknya sekalian



8. Masukkan juga ip gateway-nya.

9. disini kalian bisa mengisikan ip gateway atau DNS google 8.8.8.8


10. tunggu beberapa saat.


11. Setelah itu masukkan hostname


12. Masukkan juga domain name (contoh.net)


13.  Buat root password


14. Masukkan lagi passwordnya


15. Masukkan juga user baru, kalian dapat mengisi sesuka hati kalian.




Dan selanjutnya  kalian dapat mengisi/meneruskannya sendiri, selamat mencoba

  • WAKTU YANG DI BUTUHKAN
kurang lebih 2 - 4jam
  • ALAT DAN BAHAN
Laptop,virtualbox dan terminal.
  • KESIMPULAN
 Terus semangat dan jangan lupa saling berbagi informasi agar ilmu yang kalian dapat bermanfaat. 
  • PENUTUP
        Sekian dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar - besarnya, karena kesempurnaan hanya milik tuhan yang maha kuasa. Dan semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi teman - teman semua Amiiin.

No comments